Minggu, 04 Juli 2010

Tips Giat Belajar


Bagaiaman cara agar keinginan dari diri muncul untuk giat belajar:

1. Bayangkan, seandainya, Anda menggantikan posisi teman yang paling pintar di kelas Anda. Hal ini, tentu bisa. Tapi , hal utama yaitu, keinginan diri sendiri itu harus muncul terlebih dahulu. Lakukan hal-hal yang paling mendasar, dengan mengerjakan tugas yang diberikan, walaupun Anda tidak tau, tapi Anda telah berusaha untuk tau. Semangatkan diri Anda untuk bisa menyamakan diri Anda dengan teman Anda. Jangan merasa diri tidak mampu, karena perasaan inilah, yang nanti akan membunuh pikiran Anda untuk menjadi lebih baik.

2. Rekam dalam pikiran Anda, untuk membahagiakan orangtua Anda. Saya yakin, semua anak di dunia ini, mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk membahagiakan orang tua masing-masing. Tapi apakah kita dengan menjadi manusia pemalas dan tidak punya semangat untuk berkembang, bisa membahagiakan mereka. Tentu tidak, bukan. Maka dari itu, hal dasarnya adalah, belajar dan terus belajar. Alangkah senang orang tua kita, jika mendengar kita mendapat beasiswa berprestasi, alangkah senang orang tua kita, kita bisa menjadi asisten dosen, alangkah senang orang tua kita, mendengar IPk kita, diata 3,5. Semua itu, tidak senilai dengan uang berjuta-juta pun. Kebahagian rohani, berbeda dengan kebahagiaan fisik. maka dari itu, yakinilah diri Anda untuk selalu giat dalam menempuh suatu jalan.

3. jangan takut akan gagal. Jangan takut tidak bisa, jangan takut kita akan kalah. Tidak semua manusia jalannya mulus-mulus saja. Seberuntung apapun manusia. pasti pernah mengalami kekalahan. Maka dari itu, ingat, Anda adalah orang yang beruntung, dan Anda akan sukses dengan diri Anda, buatlah kata-kata ini, menjadi penyemangat dalam diri Anda.

4. Buatlah suasana nyaman, jika Anda membaca buku, atau mengerjakan tugas. dengan menyetel musik atau sambil nonton tivi. Buatlah suasana itu menjadi senyaman mungkin.

5. Bagi yang suka travelling, kurangi kebiasaan untuk bepergian. Ingatlah, otak tidak akan bisa selalu dibiarkan kosong terisi, jangan biasakan diri untuk selalu bepergian, karena makanan otak adalah berpikir dan jalan-jalan adalah sekelumit kecil dari pengosongan pengetahuan. tapi bukan berarti, hal ini tidak baik, boleh kita travelling, tapi ingat, perbandingan yang mesti dibuat adalah 1:10, kenapa demikian, karena jalan-jalan beda dengan study tour. jalan-jalan disini yang dimaksudkan adalah kegiatan yang cuma ingin sekedar hura-hura atau menghilangkan kepenatan dengan melakukan hal-hal sesaat yang mengenakan, tapi sebenarnya itulah hal yang bakal membuat kita manjadi amat lelah.

Mungkin inilah sebagian dari pengalaman yang bisa saya berikan kepada Anda, mungkin ada yang merasa selama ini, kurang untuk giat, sekarang lah saatnya, semuanya belum terlambat, selama kita belum mati.!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar